DYAH JULIA SAAD
13 3145 301 403
KELAS K
1.
Buatlah Tes objektif yang terdiri dari: 30. item tes pilihan ganda
30 item tes essay 30. item tes untuk sikap
Jawab :
A.
PILIHAN GANDA
1. Pembentukan kelenjar payudara dimulai pada saat-saat
seperti di bawah ini, kecuali…
a. Pubertas
b. Menopause
c. Siklus menstruasi
d. Kehamilan
2. Terdapat dua refleks yang mempengaruhi dalam proses
pembentukan dan pengeluaran ASI, yaitu…
a. Prolaktin dan rooting refleks
b. Prolaktin dan refleks let down
c. Refleks let down dan oksitosin
d. Oksitosin dan dan rooting refleks
3. Tanda bayi dalam posisi yang baik pada payudara ibu
adalah ...
a. Tubuh bayi berjauhan dengan badan ibu
b. Areola tampak jelas
c. Bayi menghisap dengan cepat dan dangkal
d. Bayi terlihat senang dan tenang
4. Manfaat dilakukan rawat gabung adalah ...
a. Mempersulit bayi dalam menyusu
b. Membantu involusio uteri
c. Meningkatkan pemakaian susu formula
d. Meningkatkan infeksi nosokomial
5. Pemberian ASI pada bayi sebaiknya ...
a. 5-7 menit
b. 1 jam sekali
c. On demand
d. 2 jam sekali
6. Manfaat ASI bagi bayi antara lain ...
a. Membantu proses involusio uteri
b. Keluarga lebih bahagia
c. Tumbuh kembang bayi lebih baik
d. Menurunkan angka kematian bayi
7. Hormon yang mempengaruhi dalam produksi ASI yaitu…
a. Prolaktin
b. Progesterone
c. Estrogen
d. Tiroksin
8. Asuhan yang dapat diberikan pada 6 minggu post partum
adalah ...
a.
Memastikan involusio
uteri berjalan dengan normal
b.
Memastikan ibu mendapat
makanan yang bergizi dan cukup cairan
c.
Menjaga bayi tetap sehat
melalui pencegahan hipotermi
d.
Menanyakan
penyulit-penyulit yang dialami ibu selama masa nifas
9. Konseling perawatan bayi baru lahir diberikan oleh bidan
pada kunjungan nifas ke...
a. Kunjungan awal
b. Kunjungan I
c. Kunjungan II
d. Kunjungan III
10. Pendidikan kesehatan yang dapat diberikan pada masa nifas
adalah …
a. Pelayanan keluarga berencana
b. Cara konsumsi dan manfaat tablet Fe
c. Deteksi dini komplikasi kehamilan
d. Perawatan payudara prenatal
11. Involusio uteri berlangsung kira-kira selama …
a. 2 jam
b. 6 hari
c. 2 minggu
d. 6 minggu
12. Suatu keadaan setelah plasenta lahir sampai kembalinya alat
kandungan seperti semula disebut …
a. Konsepsi
b. Nidasi
c. Persalinan
d. Puerperium
13. Tujuan pemberian asuhan pada masa nifas antara lain ...
a. Memberikan pendidikan kesehatan tentang perawatan
antenatal
b. Melaksanakan skrining pada waktu persalinan
c. Menjaga kesehatan ibu dan bayi, baik fisik maupun
psikologis
d. Mengacuhkan kesehatan emosi ibu
14. Bidan mempunyai peranan yang sangat penting dalam
pemberian asuhan post partum. Adapun
peran dan tanggungjawab tersebut antara lain …
a. Pemberian dukungan yang tidak berkesinambungan selama
masa nifas
b. Sebagai promotor hubungan ibu dan bayi serta keluarga
c. Menghambat ibu untuk menyusui bayinya
d. Berperan pasif dalam membuat kebijakan dan rencana
program yang berkaitan dengan kesehatan ibu dan anak
15. Tujuan dari kebijakan program nasional adalah ...
a. Menilai kondisi kesehatan ibu dan bayi
b. Melakukan pencegahan terhadap kemungkinan adanya gangguan
kesehatan ibu dan bayi
c. Mendeteksi adanya komplikasi/ masalah yang terjadi pada
masa nifas
d. Semua jawaban benar
16. Bidan setelah melakukan pertolongan persalinan, sebaiknya
menjaga dan melakukan pengawasan kesehatan ibu dan bayi minimal selama ...
a. 2 jam
b. 8 jam
c. 12 jam
d. 24 jam
17. Dalam setiap payudara terdiri dari …….lobus.
a. 10-15
b. 25-30
c. 15-20
d. 20-30
18. Sedangkan hormone yang mempengaruhi dalam proses
pengeluaran ASI disebut…
a. Prolaktin
b. Progesterone
c. Estrogen
d. Oksitosin
19. Berikut ini adalah refleks bayi yang dapat membantu dalam
proses keberhasilan menyusui, kecuali…
a. Refleks menghisap
b. Refleks menelan
c. Refleks moro
d. Rooting refleks
20. Peran bidan dalam memberikan konseling bagi ibu dan
keluarga pada masa nifas mengenai ...
a. Cara melakukan senam hamil
b. Tanda bahaya masa nifas
c. Skrining bayi baru lahir
d. Personal higiene persalinan
21. Suatu masa kepulihan dimana ibu diperbolehkan berdiri dan
berjalan-jalan disebut...
a. Remote puerperium
b. Puerperium intermedial
c. Puerperium dini
d. Puerperium
22.
Tahapan masa nifas
terbagi dalam …
a. 2 tahap
b. 3 tahap
c. 4 tahap
d. 6 tahap
23. Suatu masa dimana kepulihan dari organ-organ reproduksi
selama kurang lebih enam minggu disebut ...
a. Remote puerperium
b. Puerperium intermedial
c. Puerperium dini
d. Puerperium
24. Waktu yang diperlukan untuk pulih dan sehat sempurna
terutama bila selama hamil atau waktu saat persalinan mempunyai komplikasi,
disebut ...
a. Remote puerperium
b. Puerperium intermedial
c. Puerperium dini
d. Puerperium
25. Berdasarkan kebijakan program nasional, kunjungan pada
masa nifas dilakukan minimal ...
a. 1 kali
b. 2 kali
c. 3 kali
d. 4 kali
26. Saluran di bawah areola yang besar dan melebar kemudian
memusat ke dalam puting serta bermuara ke luar adalah ...
a. Alveolus
b. Korpus
c. Sinus laktiferus
d. Duktus laktiferus
27. Bayi yang diberikan ASI, tidak mudah sakit. Hal ini
disebabkan karena ...
a. Nutrien dalam ASI sesuai dengan kebutuhan bayi
b. ASI mengandung zat protektif
c. Mempunyai efek psikologis yang menguntungkan bagi ibu dan
bayi
d. Mengurangi kejadian karies dentis
28. Manfaat ASI bagi ibu, ditinjau dari aspek keluarga
berencana adalah ...
a. Menyusui secara eksklusif dapat menjarangkan kehamilan
b. Mengurangi terjadinya karsinoma indung telur
c. Mencegah terjadinya perdarahan pasca persalinan
d. Perasaan bangga
29. Manfaat ASI menurut Depkes RI antara lain kecuali…
a. Perlindungan terhadap penyakit
b. Membantu perkembangan otak
c. Sangat bermanfaat bagi bayi premature
d. Akan terjalin kasih saying antara ibu dan bayi
30. Hormon yang mempengaruhi dalam produksi ASI yaitu…
a. Prolaktin
b. Progesterone
c. Estrogen
d. Tiroksin
B. TEST ESSAY
1.
Sebutkan tanda bayi
cukup ASI!
Jawab :
a. Bayi kencing ±6 kali sehari dalam 24 jam dan warna jernih
samapai kuning muda
b. Bayi sering BAB berwarna kekuningan berbiji
c. Bayi menyusu sering setiap 2-3 jam
d. Payudara ibi terasa lembut dan kosong setiap kali selesai
menyusui
e. Bayi bertambah berat badannya rata-rata 500 gram / bulan
f.
Bayi tampak sehat dan
aktif
g. Bayi tampak puas, tidak rewel dan cukup tidur
2.
Mengapa pendidikan bidan
di Indonesia lambat dibanding dengan negara lain?
Jawab :
Menurut saya, pendidikan bidan di Indonesia lambat karena
sempat terhenti sebab pernah kaum wanita dilarang untuk keluar rumah atau
beraktivitas diluar rumah.
3.
Bagaimana menurut anda
kompetensi bidan saat ini ?
Jawab :
Menurut saya, kompetensi bidan saat ini masih kurang
karena masih banyak bidan yang baru lulus kemarin kurang memiliki keahlian.
4.
Menurut anda, apakah
kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM sudah benar?
Jawab :
Menurut saya, sudah benar karena stok BBM saat ini sudah
berkurang kalau tidak dinaikkan akan merugikan negara.
5.
Jelaskan apa yang anda
ketahui tentang jampersal!
Jawab :
Jampersal yaitu jaminan yang diberikan kepada ibu
bersalin dengan biaya persalinan gratis tapi harus memenuhi syarat-syarat yang
telah ditentukan.
6.
Apa yang anda lakukan sebagai
bidan dikomunitas jika ada kasus yang mengarah ke patologi?
Jawab :
Yang pertama mengkaji kasus tersebut, jika sudah diluar
kewenangan seorang bidan maka segera kolaborasi dengan dokter, kemudian rujuk
ke fasilitas yang memadai.
7.
Menurut anda, apakah
hukum di Indonesia sudah adil?
Jawab :
Menurut saya, belum semua karena masih ada segelintir
orang yang memperjual belikan hukum.
8.
Bagaimana menurut anda
tentang kemitraan dukun dan bidan ?
Jawab :
Menurut saya kemitraan bidan dan dukun sangat efektif
karena dengan adanya kemitraan tersebut dapat membantu menurunkan angka
kematian ibu dan bayi.
9.
Jelaskan apa yang anda
ketahui tentang pelayanan kebidanan di komunitas?
Jawab :
Pelayanan dikomunitas yaitu pelayanan yang terpusat pada
masyarakat mulai lahir sampai lansia.
10. Apakah seorang bidan dikomunitas dapat mencegah tindakan
malpraktek yang dilakukan oleh dukun? Jelaskan pendapat anda!
Jawab :
Dapat mencegah. Karena dengan adanya bidan dikomunitas
dapat melakukan kemitraan dengan dukun terutama dalam praktik kebidanan. Dukun
dilatih dan diberikan kewenangan tertentu.
11. Komplikasi-komplikasi apa yang mungkin terjadi pada
kehamilan kembar ?
Jawab :
a. Abortus
b. Kematian perinatal
c. Beratlahirrendah : prematuritas& IUGR
d. Malformasi/kelainan kongenital
e. Hipertensi
f. Hidramnion
g. Anemia
12. Menurut anda apa tujuan dari kebijakan program nasional ?
Jawab :
Menurut saya tujuannya adalah menilai kondisi kesehatan
ibu dan bayi, melakukan pencegahan terhadap kemungkinan adanya gangguan
kesehatan ibu dan bayi, mendeteksi adanya komplikasi/ masalah yang terjadi pada
masa nifas, menangani komplikasi atau masalah yang timbul dan mengganggu
kesehatan ibu dan bayi
13. Setiap daerah memiliki budayamasing-masing, misalnya
acara tujuh bulanan pada ibu hamil. Bagaimana pendapat anda sebagai seorang
bidan tentang hal tersebut?
Jawab :
Acara tujuh bulanan merupakan salah satu tradisi sebagian
daerah, oleh karena itu seorang bidan harus menghargai sepanjang tidak
merugikan.
14. Apa langkah-langkah yang harus ditempuh seorang bidan
agar program jampersal dapat berhasil?
Jawab :
Menjelaskan kepada masyarakat terutama ibu hamil tentang
manfaat jampersal, melakukan kerjasama dengan lintas program dan lintas
sektoral, serta memberikan pelayanan yang maksimal
15. Apa yang anda ketahui tentang program BPJS?
Jawab :
BPJS yaitu badan penyelenggara jaminan sosial yang telah
menggantikan PT askes dan jamsostek yang dimulai sejak tahun 2014
16. Bila ada seorang dukun yang melakukan malpraktik, apakah
dikenakan sanksi? Jelaskan pendapat anda!
Jawab :
Menurut saya, tidak karena tidak ada kode etik untuk
dukun jadi jika terjadi malpraktik yang dilakukan dukun yang bertanggung jawab
adalah bidan sehingga saat ini dilakukan kemitraan dukun-bidan untuk mencegah
hal tersebut.
17. Bagaimana pendapat anda tentang UU aborsi?
Jawab :
Didalam UU aborsi sudah jelas pasal yang mengatur sanksi
bagi para pelaku atau orang terlibat dalam tindakan tersebut terutama tenaga
kesehatan, jadi jika terdapat kasus dan mengarah pada tindakan kriminal maka
harus ditindak lanjuti sesuai perundang-undangan yang berlaku.
18. Jelaskan pengertian dari Oligohydramnion dan
Polyhydramnion !
Jawab :
Olygohidramnion
adalah Air ketuban < 500 cc
·
Etiologi : belum jelas
·
Gejala : Uterus lebih
kecil dari usia kehamilan, BJA sudah terdengar sebelum bulan ke-5 &
terdengar dengan lebih jelas
·
Pergerakan anak
dirasakan nyeri
·
Sering berakhir dengan
partus prematurus
Polyhydramnion
adalah Jumlah air ketuban melebihi 2000 cc
·
Klasifikasi :
hydramnion kronis :
penambahan air ketuban berangsur, perlahan-lahan
hydramnio akut :
penambahan air ketuban terjadi dalan beberapa hari biasanya pada bulan ke-4
atau ke-5
19. Bagaimana menurut anda tentang system Outsoursing di
Indonesia?
Jawab :
Menurut saya system Outsourcing hanya ‘memakai’ para
pekerja tanpa adanya penyediaan fasilitas, tunjangan makan, atau bahkan
asuransi jiwa apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam masa kerja.
Dengan menggunakan tenaga kerja outsourcing, perusahaan tidak perlu repot
menyediakan fasilitas maupun tunjangan makan hingga asuransi kesehatan. Memang
hal itu menguntungkan, tetapi sistem ini juga dapat merugikan karyawan
outsourcing itu sendiri. Selain tidak adanya jenjang karier, terkadang gaji
mereka dipotong oleh perusahaan induk.
20. Menurut anda, bagaimana tingkat keberhasilan dan
kegagalan pembangunan ekonomi Indonesia ?
Jawab :
Menurut saya tidak dapat dipungkiri, pemerintah Orde Baru
cukup berhasil dalam mencapai pertumbuhan ekonomi yang tinggi (rata-rata 7%
pada kurun waktu awal 1990-an hingga pertengahan 1990-an), sehingga Indonesia
pernah dikategorikan sebagai “Macan Asia” oleh Bank Dunia. Hal itu mungkin
menjadi prestasi tertinggi terakhir yang diperoleh Indonesia pada pemerintahan
Orde Baru.
Pemerintah
Orde Baru jelas gagal membuat rupiah sebagai mata uang kuat. Nilai rupiah tetap
lemah sejak awal Orde Baru hingga sekarang. Pada tahun 1970-an, mobil baru
dapat dibeli dengan harga Rp 1.000,00. Saat in, kita tidak bisa membeli sebuah
mobil baru secara tunai jika hanya mengantongi Rp 50 juta.
Pada masa
reformasi, pemerintah berhasil menciptakan kebebasan pers, yang sangat
bermanfaat sebagai alat kontrol pembangunan. Pers membuat masyarakat sadar
politik dan sadar hak sebagai warga negara. Pemerintah juga berhasil membuat
iklim berpolitik yang jauh lebih sehat dibanding masa Orde Baru. Kehidupan
politik Indonesia lebih demokratis dan dinamis pada masa Orde Reformasi.
21. Buatlah sebuah kasus pembangunan berwawasan lingkungan /
tidak !
Jawab :
Contoh ada sebuah pabrik yang membuang limbah ke sungai
sehingga sungai yang biasa digunakan warga yang tinggal disekitar pabrik
mendapatkan dampaknya yaitu krisis air bersih, sungai menjadi bau, sungai
berubah warna menjadi hitam atau merah.
22. Jelaskan tahapan-tahapan masa nifas!
Jawab :
Tahapan-tahapan masa nifas:
a. Puerperium dini yaitu kepulihan dimana ibu telah
diperbolehkan berdiri dan berjalan-jalan sampai bersih dan boleh bekerja pada
40 hari post partum.
b. Puerperium intermedial yaitu kepulihan menyeluruh
alat-alat genetal 6-8 minggu.
c. Remote puerperium yaitu waktu yang diperlukan untuk pulih
dan sehat sempurna terutama bila selama hamil atau waktu persalinan mempunyai
komplikasi. Waktu untuk sehat sempurna bias berminggu-minggu, berbulan-bulan,
atau tahunan.
23. Bagaimana perbedaan kehamilan kembar 1 dan 2 telur?
Jawab :
Kembar 1 telur :
•
Selalu sama jenis
kelaminnya
•
Rupanya mirip seperti
bayangan
•
Golongan darah sama
•
Cap kaki & tangan
sama
•
Plasenta 1, khorion 1,
amnion 2, atau plasenta,khorion dan amnionnya 1
Kembar 2 telur :
• Jenis kelamin tidak selalu sama
• Persamaan sepertia adik dan kakak
• Golongan darah tidak selalu sama
• Cap tangan dan kaki tidak sama
• Plasenta, khorion dan amnion 2
24. Bagaimana penatalaksanaan pada kehamilan kembar?
Jawab :
Untuk mengurangi morbiditas dan mortalitas pada kehamilan
dengan penyulit kembar, kita perlu :
a. Mencegah kelahiran janin yang terlalu preterm
b. Mengidentifikasi gangguan pertumbuhan salah satu atau
kedua janin dan janin yang mengalaminya dilahirkan sebelum sekarat
c. Mengeliminasi trauma janin selama persalinan dan
pelahiran
d. Mempersiapkan dokter yang ahli dalam perawatan neonatus
25. Bagaimana penatalaksanaan persalinan pada kehamilan
kembar ?
Jawab :
1. Penatalaksanaan kolaboratif
a. Penatalaksanaan merupakan prerogratif dokter
b. Perawat-kebidanan bersertifikat dapat membantu pelahiran
bila posisi bayi verteks
c. Perawat-kebidanan bersertifikat dapat membantu kelahiran
bayi kedua sesuai kebutuhan.
2. Lakukan USG saat pasien masuk RS untuk memeriksakan
posisi janin.
3. Pemberian heparin lock atau cairan IV di anjurkan saat
persalinan.
4. Pemantauan janin pada kedua bayidi anjurkan saat
persalinan.
26. Menurut anda, bagaimana hubungan jumlah penduduk, tenaga
kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja !
Jawab :
· Jumlah penduduk adalah banyaknya orang yang mendiami
suatu wilayah Negara.
· Tenaga kerja adalah
siapa pun pada usia berapa pun yang dapat bekerja untuk
menghasilkan barang/jasa.
· Angkatan Kerja adalah penduduk dalam usia kerja(15 tahun
keatas),baik yang bekerja maupun yang maih mencari pekerjaan (pengangguran).
· Kesempatan kerja adalah tersedianya lapangan kerja bagi
angkatan kerja yang mencari pekerjaan.
Hubungannya :
Semakin
besar jumlah penduduk , maka semakin besar pula jumlah angkatan kerjanya.
angkatan kerja membutuhkan lapangan pekerjaan. namun pertumbunhan penduduk lebih
besar dibandingkan pertumbuhan lapangan kerja. oleh karena itu, angkatan kerja
tersebut sebagian tidak bekerja atau
menganggur. kesempatan kerja berhubungan sangat erat dengan tersedianya
lapangan kerja bagi masyarakat. semakin banyak lapangan kerja yang tersedia di
suatu negara , semakin besar pula kesempatan kerja bagi penduduk usia
produktif.
27. Menurut anda, mengapa pengangguran bisa terjadi !
Jawab :
Pengangguran bisa terjadi karena jumlah angkatan kerja
yang membutuhkan pekerjaan lebih besar daripada kesempatan kerja/ketersediaan
lapangan pekerjaannya.
28. Bagaimana menurutmu cara yang paling tepat mengatasi
pengangguran di Indonesia!
Jawab :
Pemerintah menyediakan lapangan pekerjaan yang banyak
karena jumlah angkatan kerja di Indonesia semakin meningkat. Menyediakan
pendidikan gratis bagi yang tak mampu,penyebab pengangguran karena rendahnya
pendidikan seseorang sehingga tidak memiliki pengetahuan yang cukup untuk
bekerja. Mendirikan tempat pelatihan keterampilan. Seperti kursus menjahit
serta keterampilan keterampilan lain agar orang yang tidak memiliki pendidikan
tinggi bisa mendapatkan pekerjaan. Menggalang program transmigrasi Pemerataan lapangan
kerja di setiap daerah
29. Menurut anda apa saja manfaat ASI bagi bayi!
Jawab :
Menurut saya manfaat ASI bagi bayi adalah Nutrient yang
sesuai untuk bayi Mengandung zat protektif, Mempunyai efek psikologis yang
menguntungkan, Menyebabkan pertumbuhan yang baik, Mengurangi kejadian karies
gigi, Mengurangi kejadian maloklusi rahang
30. Menurut anda, apa perbedaan pembangunan dan pertumbuhan
ekonomi !
Jawab :
Pembangunan ekonomi adalah suatu proses kenaikan
pendapatan total dan pendapatan perkapita dengan memperhitungkan adanya
pertambahan penduduk dan disertai dengan perubahan fundamental dalam struktur
ekonomi suatu negara. Pertumbuhan ekonomi adalah proses kenaikan kapasitas
produksi suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan
nasional.
Perbedaan antara keduanya adalah pertumbuhan ekonomi
keberhasilannya lebih bersifat kuantitatif, yaitu adanya kenaikan dalam standar
pendapatan dan tingkat output produksi yang dihasilkan, sedangkan pembangunan
ekonomi lebih bersifat kualitatif, bukan hanya pertambahan produksi, tetapi
juga terdapat perubahan-perubahan dalam struktur produksi dan alokasi input
pada berbagai sektor perekonomian seperti dalam lembaga, pengetahuan, dan
teknik.
C. TES UNTUK SIKAP
1. Pilihlah salah satu dari pilihan di bawah ini yang
merupakan KEKUATAN anda ! (Jawablah dengan sejujur-jujurnya)
a. Mengetahui segalanya akan beres bila kita yang memimpin.
b. Tidak terpengaruh oleh penundaan. Tetap tenang dan
toleran.
c. Memilih mempersiapkan aturan yang terinci sebelumnya
dalam menyelesaikan suatu proyek dan lebih menyukai keterlibatan dalam
tahap-tahap perencanaan dan produk jadi, bukan dalam melaksanakan tugas.
d. Dapat mendorong atau memaksa orang lain mengikuti dan
bergabung melalui pesona kepribadiannya.
2. Pilihlah salah satu dari pilihan di bawah ini yang
merupakan KEKUATAN anda ! (Jawablah dengan sejujur-jujurnya)
a. Memenuhi diri sendiri, mandiri, penuh percaya diri dan
nampak tidak begitu memerlukan bantuan.
b. Tidak pernah mengatakan atau menyebabkan apapun yang
tidak menyenangkan atau menimbulkan rasa keberatan.
c. Mendorong orang lain untuk bekerja dan terlibat serta
membuat seluruhnya menyenangkan.
d. Memvisualisasikan hal-hal dalam bentuk yang sempurna dan
perlu memenuhi standar itu sendiri.
3. Pilihlah salah satu dari pilihan di bawah ini yang
merupakan KEKUATAN anda ! (Jawablah dengan sejujur-jujurnya)
a. Melakukan sesuatu sampai selesai sebelum memulai yang
lain.
b. Meyakinkan seseorang dengan logika dan fakta, bukan
dengan pesona atau kekuasaan.
c. Tampak tidak terganggu dan tenang serta menghindari
setiap bentuk kekacauan.
d. Penuh kesenangan dan selera humor yang baik.
4. Pilihlah salah satu dari pilihan di bawah ini yang
merupakan KEKUATAN anda ! (Jawablah dengan sejujur-jujurnya)
a. Penuh kehidupan, sering menggunakan isyarat tangan,
lengan, dan wajah secara hidup.
b. Orang yang mau melakukan sesuatu hal yang baru dan berani
bertekad untuk menguasainya.
c. Suka menyelidiki bagian-bagian yang logis.
d. Mudah menyesuaikan diri dan senang dalam setiap situasi.
5. Pilihlah salah satu dari pilihan di bawah ini yang
merupakan KEKUATAN anda ! (Jawablah dengan sejujur-jujurnya)
a. Secara konsisten mencari peranan merukunkan pertikaian
supaya bisa menghindari konflik.
b. Terdorong oleh keperluan untuk produktif, pemimpin yang
dituruti orang lain.
c. Punya apresiasi mendalam untuk musik, punya komitmen
kepada musik sebagai bentuk seni, bukan hanya kesenangan pertunjukan.
d. Menyukai pesta dan tidak bisa menunggu untuk bertemu
setiap orang dalam ruangan, tidak pernah menganggap orang lain asing.
6. Pilihlah salah satu dari pilihan di bawah ini yang
merupakan KEKUATAN anda ! (Jawablah dengan sejujur-jujurnya)
a. Orang yang perhatiannya melibatkan sesuatu yang
berhubungan dengan intelektual dan artistik.
b. Tetap memiliki keseimbangan secara emosional, menanggapi
sebagaimana yang diharapkan orang lain.
c. Secara konsisten memiliki semangat yang tinggi dan suka
membagikan kebahagiaan kepada orang lain.
d. Percaya diri dan yakin akan kemampuan dan kesuksesannya
sendiri.
7. Pilihlah salah satu dari pilihan di bawah ini yang
merupakan KEKUATAN anda ! (Jawablah dengan sejujur-jujurnya)
a. Orang mandiri yang bisa sepenuhnya mengandalkan kemampuan
dan sumber dayanya sendiri.
b. Secara intensif memperhatikan orang lain maupun hal
apapun yang terjadi di sekitar.
c. Orang yang mudah menerima keadaan atau situasi apa saja.
d. Penuh gairah dalam kehidupan.
8. Pilihlah salah satu dari pilihan di bawah ini yang
merupakan KELEMAHAN anda ! (Jawablah
dengan sejujur-jujurnya)
a. Memerlukan banyak waktu pribadi dan cenderung menghindari
orang lain.
b. Tidak ragu-ragu mengatakan benar dan dapat memegang
kendali.
c. Menilai pekerjaan dan kegiatan dengan ukuran berapa
banyak tenaga yang dibutuhkan.
d. Tawa dan suaranya dapat didengar di atas suara lainnya di
di dalam ruangan.
9. Pilihlah salah satu dari pilihan di bawah ini yang
merupakan KELEMAHAN anda ! (Jawablah dengan sejujur-jujurnya)
a. Tuntutannya akan kesempurnaan terlalu tinggi dan dapat
membuat orang lain menjauhinya.
b. Bisa bergairah sesaat dan sedih pada saat berikutnya.
Bersedia membantu kemudian menghilang. Berjanji akan datang tapi kemudian lupa
untuk muncul.
c. Tidak tertarik pada perkumpulan atau kelompok.
d. Merasa sulit memperlihatkan kasih sayang dengan terbuka.
10. Pilihlah salah satu dari pilihan di bawah ini yang
merupakan KELEMAHAN anda ! (Jawablah dengan sejujur-jujurnya)
a. Hampir sepanjang waktu merasa tertekan.
b. Kurang memiliki kemampuan dalam membuat kehidupan menjadi
teratur.
c. Mempunyai ciri khas selalu tidak tetap dan kurang
keyakinan bahwa suatu hal akan berhasil.
d. Dengan paksa mengambil kontrol atas situasi atau orang
lain, biasanya dengan mengatakan apa yang harus dilakukan.
11. Pilihlah salah satu dari pilihan di bawah ini yang
merupakan KELEMAHAN anda ! (Jawablah dengan sejujur-jujurnya)
a. Merasa senang mendapat penghargaan dari orang lain.
Sebagai penghibur menyukai tepuk tangan, tawa, dan penerimaan penonton.
b. Secara konsisten merasa terganggu atau resah.
c. Menetapkan tujuan secara agresif serta harus terus produktif,
merasa bersalah bila beristirahat, bukan terdorong oleh keinginan untuk
sempurna melainkan imbalan.
d. Suka menarik diri dan memerlukan banyak waktu untuk
sendirian atau mengasingkan diri.
12.
Pilihlah salah satu dari
pilihan di bawah ini yang merupakan KELEMAHAN anda! (Jawablah dengan
sejujur-jujurnya)
a. Bukan orang yang suka menetapkan tujuan dan tidak
berharap menjadi orang yang seperti itu.
b. Mudah merasa terasing dari orang lain dikarenakan rasa
tidak aman atau takut jangan-jangan orang lain tidak merasa senang bersamanya.
c. Mengobarkan perdebatan karena biasanya selalu benar dan
terkadang tidak peduli bagaimana situasi saat itu.
d. Memiliki perangai seperti anak-anak yang mengutarakan
diri dengan ngambek dan berbuat berlebihan tetapi kemudian melupakannya
seketika.
13.
Pilihlah salah satu dari
pilihan di bawah ini yang merupakan KELEMAHAN anda ! (Jawablah dengan
sejujur-jujurnya)
a. Langsung, blak-blakan, tidak sungkan mengatakan apa yang
dipikirkan.
b. Punya ingatan kurang kuat, biasanya berkaitan dengan
kurang disiplin dan tidak mau repot-repot mencatat hal-hal yang tidak
menyenangkan.
c. Bersikeras tentang persoalan sepele, minta perhatian
besar pada persoalan yang tidak penting.
d. Sering merasa sangat khawatir, sedih, dan gelisah.
14.
Pilihlah salah satu dari
pilihan di bawah ini yang merupakan KELEMAHAN anda ! (Jawablah dengan
sejujur-jujurnya)
a. Cerdik, orang yang selalu bisa menemukan cara untuk
mencapai tujuan yang diinginkan.
b. Selalu mengevaluasi dan membuat penilaian, sering
memikirkan dan menyatakan reaksi negatif.
c. Rentang perhatian kekanak-kanakan dan pendek, butuh
banyak perubahan dan variasi supaya tak merasa bosan.
d. Sering mengendurkan pendiriannya, bahkan ketika merasa
benar untuk menghindari terjadinya konflik.
15. Pilihlah salah satu dari pilihan di bawah ini yang merupakan
KELEMAHAN anda ! (Jawablah dengan sejujur-jujurnya)
a. Mudah bergaul, tidak peduli, dan masa bodoh.
b. Memiliki perspektif yang sederhana dan kekanak-kanakan,
kurang pengertian terhadap tingkat kehidupan yang lebih mendalam.
c. Sikapnya jarang positif dan sering hanya melihat sisi
buruk dari setiap situasi.
d. Penuh keyakinan, semangat, dan keberanian (sering dalam
pengertian negatif).
16. Berapakah derasnya aliran air terjun tersebut
( pilih angka 1-10
semakin tinggi angka yang anda pilih aliran air semakin deras)
a.
Lalu anda berjalan
kesebelah kanan anda melihat sebuah istana. Anda masuk kedalam istana tersebut.
Didalam istana terdapat dua buah kolam. Di kolam yang pertama terdapat sejumlah
koin yang terbuat dari emas tapi airnya kotor.
b. Di kolam kedua terdapat banyak sekali koin yang terbuat
dari perak dengan air cukup bersih Lalu anda keluar dari istana tadi dan
melihat sebuah kotak harta karun.
17. Pada situasi tersebut apa yang anda lakukan??
a. Mengambil koin emas pada kolam pertama
b. Mengambil koin perak pada kolam kedua
c. Tidak mengambil apa-apa
18. Teman-teman berjanji bertemu di sebuah pesta, tapi mereka
datang terlambat. Anda memutuskan untuk:
a. Mulai mengajak bicara orang yang ada di dekat Anda.
b. Mengambil minum dan duduk.
c. Menunggu teman-teman di luar.
19. Anda sedang menjalani wawancara untuk mengisi lowongan
pekerjaan. Tiba-tiba keadaan menjadi sangat sunyi. Apa yang Anda lakukan?
a. Mengajukan sejumlah pertanyaan kepada si pewawancara.
b. Memberi contoh lain sambil mendiskusikan
pekerjaan/pertanyaan yang terakhir.
c. Memandang pewawancara sambil menunggu tindakan mereka
selanjutnya.
20. Ketika berada di antara keramaian orang, seperti di mal
pada hari Sabtu, bagaimana Anda menggambarkan cara berjalan Anda di antara
mereka?
a. Jalan perlahan-lahan, sambil melihat semuanya.
b. Berjalan biasa, berhenti jika merasa membutuhkannya.
c. Berjalan cepat, mendapatkan apa yang dibutuhkan, kemudian
pergi.
21. Anda berkencan pada hari pertama, membicarakan cerita
lucu. Bagaimana cara Anda memandang pasangan?
a. Menatap langsung ke matanya.
b. Biasa saja.
c. Menunduk, pura-pura sibuk melihat makanan di piring.
22. Bagaimana ukuran kotak tersebut??
a. Besar
b. Sedang
c. Kecil
23. Bagimana kondisi pintu tersebut tersebut ??
a. Terbuka
b. Tertutup
24. Apa bentuk meja tersebut ??
a. Bulat
b. Kotak
c. Segitiga
25. Terbuat dari apakah pot tersebut ??
a. Guci,keramik ataw tanah liat
b. Plastik
c. Besi
26. Berapa banyak kah air didalam pot tersebut ??
a. Penuh
b. Setengah
c. Kosong
27. Terbuat dari apakah kunci tersebut ??
a. Emas
b. Perak
c. Besi
28. Berapakah jumlah kunci tersebut ?? ( pilih angka 1 sampai
10)
a. Lalu anda berjalan kedepan dan anda melihat air terjun.
b. Air terjun tersebut mengalir.
29. Apa yang anda lakukan ??
a. Berlari menggunakan kuda
b. Masuk kedalam kotak besar
c. Berlari ketempat yang lebih aman.
30. Anda sedang berdebat tentang suatu masalah dan akhirnya menjadi
sangat marah. Apa yang Anda lakukan dengan tangan Anda?
a. Bergerak ke sana-sini dengan cepat.
b. Tetap di posisinya.
c. Saling bersilang.
2.
URAIKAN PERBEDAAN
TES, PENILAIAN, PENGUKURAN DAN EVALUASI
Jawab :
Tes adalah suatu pertanyaan atau tugas/seperangkat tugas
yang direncanakan untuk memperoleh informasi tentang trait/atribut pendidikan
atau psikologik yang setiap butir pertanyaan atau tugas tersebut mempunyai
jawaban atau ketentuan yang dianggap benar sedangkan Penilaian merupakan deskripsi kualitatif dari tingkah laku siswa
baik yang didasarkan pada hasil pengukuran (tes) maupun bukan hasil pengukuran,
dan arti dari Pengukuran
berkaitan erat dengan proses pencarian atau penentuan nilai
kuantitatif.Pengukuran adalah pemberian angka pada suatu atribut atau
karakteristik tertentu yang dimiliki oleh orang atau objek lain menurut aturan
atau formulasi yang jelas dan mengenai Evaluasi adalah suatu kegiatan atau proses untuk menentukan nilai
segala sesuatu dalam dunia pendidikan seperti program pendidikan termasuk
perencanaan suatu program, substansi pendidikan seperti kurikulum, pengadaan
dan peningkatan kemampuan guru, pengelolaan pendidikan, dan lain-lain
3.
URAIKAN SECARA SINGKAT 4 SKALA YANG DIGUNAKAN
DALAM MENGUKUR SIKAP SISWA DAN BERIKAN CONTOH TES MASING-MASING SKALA TERSEBUT !
Jawab :
1.
Skala Likert
adalah skala yang
dipergunakan untuk mengukur sikap, pendapat, dan persepsi seseorang atau
sekelompok orang mengenai suatu gejala atau fenomena pendidikan. Jawaban setiap
item instrumen yang menggunakan skala Likert mempunyai gradasi dari sangat
positif sampai sangat negatif, yang dapat berupa kata-kata antara lain:
a. Sangat baik
|
1) Sangat
setuju
|
a) Selalu
|
b. Baik
|
2) Setuju
|
b) Sering
|
c. Ragu-ragu
|
3) Ragu-ragu
|
c) Ragu-ragu
|
d. Tidak baik
|
4) Tidak
setuju
|
d) Kadang-kadang
|
e. Sangat tidak
baik
|
5) Sangat
tidak setuju
|
e) Tidak
pernah
|
Contoh bentuk pilihan
ganda
Berilah salah satu jawaban terhadap pertanyaan berikut sesuai
dengan pendapat anda,
dengan cara memberi tanda silang pada nomor jawaban yang tersedia.
Kurikulum baru
2013 akan segera diterapkan di lembaga pendidikan anda?
a.
Sangat tidak setuju
b.
Tidak
Setuju
c.
Ragu-Ragu
d.
Setuju
e.
Sangat
Setuju
2.
Skala Guttman
Skala pengukuran dengan tipe ini akan didapat jawaban
yang tegas, yaitu “ya-tidak”; “benar-salah”; “pernah-tidak”; “positif-negatif”
dan lain-lain. Data yang diperoleh dapat berupa data interval atau rasio
dikhotomi (dua alternatif). Jadi kalau pada skala Likert terdapat 3,4,5,6,7
interval, dari kata “sangat setuju” sampai “sangat tidak setuju”, maka pada
skala guttman hanya ada dua interval yaitu “setuju” dan “tidak setuju”.
Pennelitian menggunakan skala guttman dilakukan bila ingin mmendapatkan jawaban
yang tegas terhadap suatu permasalahan yang ditanyakan.
Skala guttman selain dapat dibuat dalam bentuk pilihan
ganda, juga dapat dibuat dalam bentuk checklist. Jawaban dapat dibuat skor
tertinggi satu dan terrendah nol. Misal untuk jawaban setuju diberi skor 1 dan
tidak setuju diberi skor 0.
Contoh:
Bagaimana
pendapat anda, bilan orang itu menjabat Kepala Sekolah di sini?
a.
Setuju
b.
Tidak setuju
3.
Skala Thurstone
Skala Thurstone adalah skala yang disusun dengan memilih
butir yang berbentuk skala interval. Setiap butir memiliki kunci skor dan jika
diurut, kunci skor menghasilkan nilai yang berjarak sama. Skala Thurstone
dibuat dalam bentuk sejumlah (40-50) pernyataan yang relevan dengan variable
yang hendak diukur kemudian sejumlah ahli (20-40) orang menilai relevansi
pernyataan itu dengan konten atau konstruk yang hendak diukur.
Adapun contoh skala penilaian model Thurstone adalah
seperti gambar di bawah ini.

Nilai 1 pada skala di atas menyatakan sangat tidak
relevan, sedangkan nilai 11 menyatakan
sangat relevan.
Contoh : minat
siswa terhadap pelajaran kimia,
4.
Semantic defferensial
Skala pengukuran yang berbentuk Semantic defferensial
dikembangkan olleh Osgood. Skala ini juga digunakan untuk mengukur sikap, hanya
bentuknya tidak pilihan ganda maupun checklist, tetapi tersusun dalam satu
garis kontinum yang jawaban “sangat positifnya” terletak di bagian kanan garis,
dan jawaban yang “sangat negatif” terletak di bagian kiri garis, atau
sebaliknya. Data yang diperoleh adalah data interval, dan biasanya skala ini
digunakan untuk mengukur sikap/karakteristik tertentu yang dipunyai oleh
seseorang.
Contoh: Nilai gaya kepemimpinan Kepala
Sekolah
Bersahabat 5 4 3 2 1 Tidak bersahabat
Tepat janji 5 4
3 2 1 Lupa janji
Bersaudara 5 4 3 2 1 Memusuhi
Memberi pujian 5 4 3 2 1 Mencela
Mempercayai 5 4 3 2
1 Mendominasi
Responden yang memberi penilaian dengan angka 5, berarti
persepsi responden terhadap Kepala Sekolah itu sangat positif, sedang bila
memberi jawaban pada angka 3, berarti netral, dan memberi jawaban pada angka 1,
maka persepsi responden terhadap Kepala Sekolah sangat negatif.
4. URAIKAN SECARA SINGKAT
TUJUAN DAN FUNGSI EVALUASI PENDIDIKAN?
Jawab :
1. Tujuan Evaluasi Pendidikan.
Pendidikan disebuah lembaga
pendidikan sangat diperlukan adanya evaluasi kerena hal tersebut dapat
memajukan lembaga dan proses pendidikan di sekolahan itu. Manfaat atau tujuan
diadakannya evaluasi pendidikan adalah:
a. Bagi siswa.
Dengan diadakannya evaluasi atau
penilaian maka siswa dapat mengetahui apakah hasil pekerjaannya memuaskan atau
tidak.
b. Bagi guru.
·
Guru akan mengetahui siswa mana
yang berhak melanjutkan dan mana tang tunda atau tinggal.
·
Guru akan mengetahui apakah
materi yang di ajarkan suadah tepat atau belum.
·
Guru akan mengetahui apakah
metode yang gunakan untuk mengajar sudah tepat atau belum.
c. Bagi sekolahan.
·
Sekolahan dapat mengetahui
kondisi belajar yang ada di sekolahan sudah tepat atau belum.
·
Informasi dari guru tentang tepat
tidaknya kurikulum sesuai tidaknya .
·
Informasi penilaian yang
diperoleh dari tahun ketahun, sehingga dapat digunakan sebagai pedoman.
Tujuan utamanya dalam proses belajar mengajara
adalah mendapatkan informasi yang akurat mengenai tingkat tujuan instruksional
oleh siswa, sehingga dapat di upayakan tindak lanjutnya.
5.
Uraikan secara singkat tujuan dan fungsi evaluasi pendidikan, bagaimana menurut
anda tentang eksisitensi Ujian Akhir Nasional (UAN) yang pada hakikatnya hanya
menilai aspek kognitif semata dan aspek afektif dan psikomotorik terabaikan?
Jawab :
Ujian Akhir Nasional (UAN) merupakan salah satu alat
evaluasi yang dikeluarkan pemerintah yang menurut pendapat saya, merupakan
bentuk lain daripada EBTANAS (evaluasi belajar tahap akhir nasional) yang sebelumnya
dihapus. Benarkah UAN merupakan alat ukur yang sesuai untuk mengukur tingkat
pencapaian tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.
Pada dasarnya kita setuju akan
usaha-usaha yang dilakukan oleh pemerintah dalam meningkatkan
kualitas anak didik dan sekolah. Sementara nilai ujian nasional (UN) dijadikan
sebagai patokan kualitas siswa atau sekolah. Sangat ironis sekali jika seorang
siswa dinyatakan lulus atau tidak hanya berdasarkan beberapa mata pelajaran
saja seperti ; bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Bahasa
Inggris, Sejarah Nasional dan Geografi Nasional. Bagaimana dengan mata
pelajaran lainnya yang tidak diikutkan dalam ujian nasional (UN), untuk apa
siswa belajar itu selama tiga tahun, maka penilaian terhadap standarisasi Uan sangatlah
Tidak Efektis dengan mengabaikan faktor afektif dan psikomotorik yang merupakan
juga kemampuan kecerdasan Manusia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar